Kamis, 29 Desember 2016

Pengertian Tedak Siten

By Rias Pengantin   Posted at  22.29   Turun Tanah Bayi No comments

Pengertian Tedak Siten - Upacara Tedak Siten, atau yang lebih dikenal dengan nama "turun tanah", merupakan sebuah tradisi budaya Jawa yang diadakan saat seorang bayi berusia tujuh bulan. Tapi ini hitungannya berdasarkan kalender Jawa ya.... Beda dengan kalender Masehi, satu bulan (Lapan) dalam kalender Jawa terdiri dari 35 hari. (7 x 35 = 245 hari, atau setara dengan 8 bulan Masehi lah kira-kira). Berasal dari dua kata dalam bahasa Jawa, "Tedak/ tedhak" berarti 'menapakkan kaki', sementara "Siten" berasal dari kata "Siti" yang berarti 'tanah'. Di umur-umur segini emang bayi itu lagi mulai belajar jalan, jadi di sinilah momen-momen awal dia menyentuh tanah dengan kakinya.

Pengertian Tedak Siten





Mungkin banyak juga orang Jawa, terutama yang sudah hijrah ke daerah-daerah lainnya, nggak lagi mengadakan Tedak Siten untuk anaknya. Tapi kalau saya sendiri ngeliat upacara ini sangat unik karena tidak ditemukan upacara serupa di suku-suku lainnya di Nusantara. Belum lagi doa dan harapan-harapan yang terkandung dibalik makna setiap prosesinya. Dan, yakin banget nih yang paling ditunggu-tunggu sama semua tamu di acara ini adalah saat mengetahui minat dan bakat sang anak yang konon tercermin melalui benda yang dipilihnya saat anak dimasukkan ke dalam kurungan ayam. (Acara Tedak Siten)

About the Author

Ibu Hajjah Suhartiningsih. Perias Pengantin Berpengalaman lebih 15 Tahun. Hubungi 0821-1397-7536 untuk tentang mengenai Rias Pengantin, Upacara Adat dan Sarana Pesta.
View all posts by: Rias Pengantin Bogor

0 komentar:

Back to top ↑
Connect with Us

Hubungi Kami

Ibu Hj. Suhartiningsih

Terra Griya B-9
Jalan Raya Semplak, Bogor

Hp : 0821-1397-7536
WA : 0817-20-5958

Email : rias.pengantin.bogor@gmail.com

Total Tayangan Halaman

Lokasi Kami

© 2013 Tedak Siten. Distributed By Blogger Themes | WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.