Rabu, 18 Januari 2017

Tedak Siten Anak Ahmad Dhani

By Unknown   Posted at  02.18   Tedak Siten Selebriti No comments

Tedak Siten Anak Ahmad Dhani - Ahmad Dhani menggelar prosesi Tedak Siten untuk anak bungsunya, Ahmad Syailendra Airlangga. Prosesi warisan adat Jawa ini merupakan tahapan pertama kali sang anak menginjakkan kaki ke bumi.

Banyak filosofi yang ada selama beberapa tahap prosesi. Bagaimana ketika sang anak menginjak tanah, dibasuh kakinya dengan air bunga, lalu menginjak beberapa wadah yang memiliki maksud tertentu.

Dari prosesi ini juga disebut-sebut sang anak bisa diketahui akan ketertarikannya. Terdapat beberapa barang untuk dipilihnya ketika berada di dalam kurungan, di antaranya uang, mainan, buku, dan lainnya.



Prosesi ini memang kental dengan nuansa Jawa. Lantunan gending Jawa dengan segala ormanen bernuansa Jawa lainnya terlihat jelas. Seluruh keluarga Dhani yang menghadiri pun mengenakan busana Jawa.

Kesan khidmat nan mistis terasa. Apalagi ditambah pernyataan Ahmad Dhani yang mengatakan bahwa prosesi adat yang dilakukannya juga dihadiri oleh arwah sang ayah dan leluhurnya dari Jerman.

"Terimakasih sudah menyaksikan prosesi adat kami bersama keluarga kecil kami. Dihadiri juga oleh arwah dari orangtua kita, spirit dari orangtua saya, Eddy Abdul Manaf. Oma, opa saya, Kohler. Hadir sekarang," kata Ahmad Dhani di kawasan Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/1)"

Tedak Siten sendiri diambil dari bahasa Jawa, tedak berarti turun, sementara siten dari kata siti yang bermakna tanah. Dhani sendiri sudah melakukan prosesi warisan leluhur ini semenjak anak pertamanya, Al Ghazali berusia 7 bulan.



"Bahkan videonya masih saya simpan. Tradisi orang baik lah. Tradisi ini baik. Seharusnya nggak hanya orang Jawa, mereka yang hidup di pulau Jawa, makan dari pulau Jawa juga melestarikan budaya leluhur," tutur Ahmad Dhani.




"Di mana bumi dipijak, di situlah langit dijunjung. Maka dari itu, kita memijak tanah Jawa, menjunjung tinggi tradisi dan filosofi-filosofi yang ada. Dan ini sudah saya lakukan pada Al, El, Dul," tukas Ahmad Dhani.


(Acara Tedak Siten)

About the Author

Ibu Hajjah Suhartiningsih. Perias Pengantin Berpengalaman lebih 15 Tahun. Hubungi 0821-1397-7536 untuk tentang mengenai Rias Pengantin, Upacara Adat dan Sarana Pesta.
View all posts by: Rias Pengantin Bogor

0 komentar:

Back to top ↑
Connect with Us

Hubungi Kami

Ibu Hj. Suhartiningsih

Terra Griya B-9
Jalan Raya Semplak, Bogor

Hp : 0821-1397-7536
WA : 0817-20-5958

Email : rias.pengantin.bogor@gmail.com

Total Tayangan Halaman

Lokasi Kami

© 2013 Tedak Siten. Distributed By Blogger Themes | WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.